Sabtu, 13 Mei 2017

MAKALAH : Sejarah Perkembangan Filsafat Islam

BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Filsafat yaitu hasil akal seseorang manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya.  Dengan kata lain filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat kebenaran segala sesuatu. Akan tetapi cakupan filsafat lebih luas dari pada ilmu, wilayah filsafat mencakup yang wujud dan tidak wujud(empiris dan non empiris) . awal mulanya filsafat yang melakukan pembahasan secara sistematis, rasional, logis, dan empiris. Kemudian tataran berikutnya berkembang dan bercabang sehingga menjadi sebuah ilmu yang lebih luas dan berkesinambungan, maka dari sinilah timbulnya pemahaman untuk penyatuan filsafat dan ilmu menjadi filsafat ilmu, yakni suatu kajian khusus tentang hakikat ilmu pengetahuan. Tentunya filsafat tidak langsung ada dengan sendirinya didunia ini, pasti ada asalnya atau dari mana berasal, dan siapa pencetusnya, lahir pada tahun berapa, dan berada dalam konteks kebudayaan yang bagaimana. Maka dari itu pentingnya memahami terlebih dahulu sejarah filsafat, terutama filsafat islam.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Mengidentifikasi sejarah Filsafat Islam
C.     TUJUAN PEMBAHASAN
1.      Menjelaskan sejarah Filsafat Islam



BAB II PEMBAHASAN
A.    SEJARAH PERKEMBANGAN FILSAFAT ISLAM
Filsafat Islam merupakan seluruh cendikianya adalah muslim. Ada sejumlah perbedaan besar antara filsafat islam dan filsafat lain. Pertama, meski semula filsuf muslim klasik menggali kembali karya filsafat Yunani terutama filsafat Aristoteles dan Plotinus, namun kemudian menyesuaikannya dengan ajaran Islam. Kedua, Islam itu agama Tauhid. Maka bila filsafat lain masih dalam proses “mencari tuhan”, dalam filsafat islam justru tuhan “sudah ditemukan”. Filsafat Islam bukanlah filsafat timur tengah. Bila memang disebut ada beberapa nama Yahudi dan Nasrani dalam filsafat timur tengah, dalam filsafat Islam tentu seluruhnya muslim. Islam dan kebudayaannya telah berjalan selama 15 abad, dan lima abad yaitu perjalanan dalam kegiatan pemikiran filsafat. Dalam kurun waktu lima abad itu, para ahli merenungkan kedudukan manusia didalam hubungannya dengan sesama, dengan alam dan dengan tuhan, dengan menggunakan akal pikirannya. Dalam kegiatan pemikiran filsafat ini terdapat dua kekuatan pemikiran, yaitu: pertama, para pemikir islam berusaha menyusun suatu sistem yang disesuaikan dengan ajaran islam. Kedua, para ulama menggunakan metode rasional dalam menyesuaikan soal-soal kehidupan. 
Islam tidak hanya mendukung adanya kebebasan intelektual, tetapi juga membuktikan kecintaan umat Islam terhadap ilmu pengetahuan dan sikap hormat mereka kepada ilmuwan, tanpa memandang agama mereka. Periode antara 750 M dan 1100 M adalah abad masa keemasan dunia Islam. Plato dan Aristoteles telah memberikan pengaruh yang besar pada mazhab-mazhab Islam, khususnya mazhab Peripatetik.
Al Farabi sangat berjasa dalam mengenalkan dan mengembangkan cara berpikir logis (logika) kepada dunia Islam. Berbagai karangan Aristoteles seperti Categories, Hermeneutics, First, dan Second Analysis telah diterjemahkan Al Farabi ke dalam bahasa Arab. Al Farabi telah membicarakan berbagai sistem logika dan cara berpikir deduktif maupun induktif. Di samping itu beliau dianggap sebagai peletak dasar pertama ilmu musik dan menyempurnakan ilmu musik yang telah dikembangkan sebelumnya oleh Phytagoras. Oleh karena jasanya ini, maka Al Farabi diberi gelar Guru Kedua, sedang gelar Guru Pertama diberikan kepada Aristoteles.
Kontribusi lain dari Al Farabi yang dianggap cukup bernilai adalah usahanya mengklasifikasi ilmu pengetahuan. Al Farabi telah memberikan defenisi dan batasan setiap ilmu pengetahuan yang berkembang pada zamannya. Al Farabi mengklasifikasi ilmu ke dalam tujuh cabang yaitu: logika, percakapan, matematika, fisika, metafisika, politik, dan ilmu fiqih (hukum). Ilmu percakapan dibagi lagi ke dalam tujuh bagian yaitu: bahasa, gramatika, sintaksis, syair, menulis, dan membaca. Bahasa dalam ilmu percakapan dibagi dalam: ilmu kalimat mufrad, preposisi, aturan penulisan yang benar, aturan membaca dengan benar, dan aturan mengenai syair yang baik. Ilmu logika dibagi dalam 8 bagian, dimulai dengan kategori dan diakhiri dengan syair (puisi). Matematika dibagi dalam tujuh bagian.
Metafisika dibagi dalam dua bahasan, bahasan pertama mengenai pengetahuan tentang makhluk dan bahasan kedua mengenai filsafat ilmu. Politik dikatakan sebagai bagian dari ilmu sipil dan menjurus pada etika dan politika. Perkataan politieia yang berasal dari bahasa Yunani diterjemahkan ke dalam bahasa Arab menjadi madani, yang berarti sipil dan berhubungan dengan tata cara mengurus suatu kota. Kata ini kemudian sangat populer digunakan untuk menyepadankan istilah masyarakat sipil menjadi masyarakat madani. Ilmu agama dibagi dalam ilmu fiqih dan imu ketuhanan/kalam (teologi).
Buku Al Farabi mengenai pembagian ilmu ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin untuk konsumsi bangsa Eropa dengan judul De Divisione Philosophae. Karya lainnya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin berjudul De Scientiis atau De Ortu Scientearum. Buku ini mengulas berbagai jenis ilmu seperti ilmu kimia, optik, dan geologi. Al Farabi (w.950) terkenal dengan doktrin wahda al wujud membagi hierarki wujud yaitu (1) dipuncak hierarki wujud adalah Tuhan yang merupakan sebab bagi keberadaan yang lain, (2) para malaikat di bawahnya yang merupakan sebab bagi keberadaan yang lain, (3) benda21 benda langit (angkasa), (4) benda-benda bumi. Al Farabi memiliki sikap yang jelas karena ia percaya pada kesatuan filsafat dan bahwa tokohtokoh filsafat harus bersepakat di antara mereka sepanjang yang menjadi tujuan mereka adalah kebenaran.
Filosof lain yang terkenal adalah Ibnu Sina dikenal di Barat dengan sebutan Avicienna. Selain sebagai seorang filosof, ia dikenal sebagai seorang dokter dan penyair. Ilmu pengetahuan yang ditulisnya banyak ditulis dalam bentuk syair. Bukunya yang termasyhur Canon, telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Gerard Cremona di Toledo. Buku ininkemudian menjadi buku teks (text book) dalam ilmu kedokteran yang diajarkan pada beberapa perguruan tinggi di Eropa, seperti Universitas Louvain dan Montpelier. Dalam kitab Canon, Ibnu Sina telah menekankan betapa pentingnya penelitian eksperimental untuk menentukan khasiat suatu obat. Ibnu Sina menyatakan bahwa daya sembuh suatu jenis obat sangat tergantung pada ketepatan dosis dan ketepatan waktu pemberian. Pemberian obat hendaknya disesuaikan dengan kekuatan penyakit. Kitab lainnya berjudul Al Shifa diterjemahkan oleh Ibnu Daud (di Barat dikenal dengan nama Avendauth Ben Daud) di Toledo. Oleh karena Al Shifa sangat tebal, maka bagian yang diterjemahkan oleh Ibnu Daud terbatas pada pendahuluan ilmu logika, fisika, dan De Anima.
Ibnu Sina membagi filsafat atas bagian yang bersifat teoretis dan bagian yang bersifat praktis. Bagian yang bersifat teoretis meliputi: matematika, fisika, dan metafisika, sedang bagian yang bersifat praktis meliputi: politik dan etika. Ibnu Sina, mengatakan alam pada dasarnya adalah potensi (mumkin al wujud) dan tidak mungkin bisa mengadakan dirinya sendiri tanpa adanya Tuhan. Ibnu Sina mengelompokkan ilmu dalam tiga macam yakni (1) obyek-obyek yang secara niscaya tidak berkaitan dengan materi dan gerak (metafisik), (2) obyek-obyek yang senantiasa berkaitan dengan materi dan gerak (fisika), (3) obyek-obyek yang pada dirinya immaterial tetapi kadang melakukan kontak dengan materi dan gerak (matematika). Ibn Khaldun dalam kitabnya Al Muqaddimah membagi metafisika dalam lima bagian. Bagian pertama berbicara tentang hakikat wujud (ontologi). Dari sini muncul dua aliran besar yakni eksistensialis (tokoh yang terkemuka adalah Ibnu Sina dan Mhulla Shadra) dan esensialis (tokoh yang terkemuka adalah Syaikh Al Israq, Suhrawardi).
Berikutnya Ibn Khaldun membagi ilmu matematika ke dalam empat subdivisi yakni (1) geometri; trigonometrik dan kerucut, surveying tanah, dan optik. Sarjana muslim terutama Ibn Haitsam telah banyak mempengaruhi sarjana barat termasuk Roger Bacon, Vitello dan Kepler (2)Aritmetika; seni berhitung/hisab, aljabar, aritmatika bisnis dan faraid (hukum waris), (3) musik, (4) astronomi.
Dalam bidang ilmu mineral, dikenal karya Al Biruni yang berjudul Al Jawahir (batu-batu permata), selain itu pada abad ke-11 Al Biruni dikenal sebagai The master of observation di bidang geologi dan geografi karena Al Biruni berusaha mengukur keliling bumi melalui metode eksperimen dengan menggabungkan metode observasi dan teori trigonometri. Akhirnya ia sampai pada kesimpulan bahwa keliling bumi adalah 24.778,5 mil dengan diameter 7.878 mil. Tentu saja ini merupakan penemuan luar biasa untuk masa itu, dengan ukuran modern saja yaitu 24.585 mil (selisih ± 139 mil) dengan diameter 7.902 mil. Dalam bidang ilmu farmakologi dan medis dikenal karya Ibnu Sina yakni Al Qanun fi al Thibb dan Al Hawi oleh Abu Bakr Al Razi, bidang nutrisi dikenal karya Ibn Bathar yakni Al Jami Li Mufradat Al Adawiyyah wa Al Aghdziyah, di bidang zoologi dikenal karya Al Jahizh yang berjudul Al Hayawan dan Hayat Al Hayawan oleh Al Damiri. Di Andalusia terkenal seorang ahli bedah muslim, Ibn Zahrawi yang telah mencitakan ratusan alat bedah yang sudah sangat maju untuk ukuran zamannya.
Filosof lainnya adalah Al Kindi, yang dianggap sebagai filosof Arab pertama yang mempelajari filsafat. Ibnu Al Nadhim mendudukkan Al Kindi sebagai salah satu orang termasyhur dalam filsafat alam (natural philosophy). Buku-buku Al-Kindi membahas mengenai berbagai cabang ilmu pengetahuan seperti geometri, aritmatika, astronomi, musik, logika dan filsafat. Ibnu Abi Usai’bia menganggap Al-Kindi sebagai penerjemah terbaik kitab-kitab ilmu kedokteran dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Arab. Di samping sebagai penerjemah, Al Kindi menulis juga berbagai makalah. Ibnu Al Nadhim memperkirakan ada 200 judul makalah yang ditulis Al Kindi dan sebagian di antaranya tidak dapat dijumpai lagi, karena raib entah kemana. Nama Al Kindi sangat masyhur di Eropa pada abad pertengahan. Bukunya yang telah disalin ke dalam bahasa Latin di Eropa berjudul De Aspectibus berisi uraian tentang geometri dan ilmu optik, mengacu pada pendapat Euclides, Heron, dan Ptolemeus.
Salah satu orang yang sangat kagum pada berbagai tulisannya adalag filosof kenamaan Roger Bacon. Filosof lainnya adalah Ibnu Rushd yang lahir dan dibesarkan di Cordova, Spanyol, meskipun seorang dokter dan telah mengarang buku ilmu kedokteran berjudul Colliget, yang dianggap setara dengan kitab Canon karangan Ibnu Sina, lebih dikenal sebagai seorang filosof. Ibnu Rushd telah menyusun 3 komentar mengenai Aristoteles, yaitu: komentar besar, komentar menengah, dan komentar kecil. Ketiga komentar tersebut dapat dijumpai dalam tiga bahasa: Arab, Latin, dan Yahudi. Dalam komentar besar, Ibnu Rushd menuliskan setiap kata dalam Stagirite karya Aristoteles dengan bahasa Arab dan memberikan komentar pada bagian akhir. Dalam komentar menengah ia masih menyebut-nyebut Aritoteles sebagai Magister Digit, sedang pada komentar kecil filsafat yang diulas murni pandangan Ibnu Rushd. Pandangan Ibnu Rushd yang menyatakan bahwa jalan filsafat merupakan jalan terbaik untuk mencapai kebenaran sejati dibanding jalan yang ditempuh oleh ahli agama, telah memancing kemarahan pemukapemuka agama, sehingga mereka meminta kepada khalifah yang memerintah di Spanyol untuk menyatakan Ibnu Rushd sebagai atheis.
Hal ini merupakan adanya sebuah konstribusi besar agama islam terhadap Eropa yang dapat membawa kebebasan berpikir dan berintelektual. Serta memajukan peradaban Eropa.



BAB III PENUTUP
A.    KESIMPULAN
 Filsafat Islam merupakan seluruh cendikianya adalah muslim. Ada sejumlah perbedaan besar antara filsafat islam dan filsafat lain. Pertama, meski semula filsuf muslim klasik menggali kembali karya filsafat Yunani terutama filsafat Aristoteles dan Plotinus, namun kemudian menyesuaikannya dengan ajaran Islam. Kedua, Islam itu agama Tauhid. Maka bila filsafat lain masih dalam proses “mencari tuhan”, dalam filsafat islam justru tuhan “sudah ditemukan”. Filsafat Islam bukanlah filsafat timur tengah. Bila memang disebut ada beberapa nama Yahudi dan Nasrani dalam filsafat timur tengah, dalam filsafat Islam tentu seluruhnya muslim. Islam dan kebudayaannya telah berjalan selama 15 abad, dan lima abad yaitu perjalanan dalam kegiatan pemikiran filsafat. Dalam kurun waktu lima abad itu, para ahli merenungkan kedudukan manusia didalam hubungannya dengan sesama, dengan alam dan dengan tuhan, dengan menggunakan akal pikirannya. Dalam kegiatan pemikiran filsafat ini terdapat dua kekuatan pemikiran, yaitu: pertama, para pemikir islam berusaha menyusun suatu sistem yang disesuaikan dengan ajaran islam. Kedua, para ulama menggunakan metode rasional dalam menyesuaikan soal-soal kehidupan. 
Islam tidak hanya mendukung adanya kebebasan intelektual, tetapi juga membuktikan kecintaan umat Islam terhadap ilmu pengetahuan dan sikap hormat mereka kepada ilmuwan, tanpa memandang agama mereka. Periode antara 750 M dan 1100 M adalah abad masa keemasan dunia Islam. Plato dan Aristoteles telah memberikan pengaruh yang besar pada mazhab-mazhab Islam, khususnya mazhab Peripatetik. Banyak filosof-filosof muslim yang terkenal diantaranya al-Kindy, Ibn Rusyd, Ibn Shina, Imam al-Ghazali, dll.
B.     KRITIK DAN SARAN
Alhamdulillah, puji syukur kami atas karunia Allah SWT. atas rahmat dan karunianya yang telah memberi sebuah nikmat sehat, baik jasmani maupun rohani. Dengan berkat karunia kesehatan itulah kami selaku Kelompok Kedua dapat menyelasaikan tugas Makalah dari dosen pembimbing Lr. Moh. Kholil, M.Pd.I. yang berjudul “Sejarah perkembangan Filsafat Islam”. Tentunya makalah yang kami buat ini juga kemungkinan besar terdapat sebuah keselahan, karena mengingat dari sebuah hadits Nabi Muhammad. SAW. Bahwasanya manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Dan juga dari sebuah analogi sederhana, Tiada gading yang tak retak. Maka dari itu kami selaku Kelompok Pertama berharap kepada teman-teman mahasiswa sebagai agent of change dan agent of analisist untuk bersama-sama membenahi makalah ini, terutama kepada Dosen Pengampu kami. Kritik dan saran yang membangun akan selalu kami nanti-nantikan, agar nantinya makalah ini bisa menjadi sebuah acuan belajar yang baik bagi seluruh mahasiswa Indonesia.   





DAFTAR PUSTAKA

Orientasi kearah pemahaman filsafat ilmu, Prof. Dr. Mukhtar Latif, M.Pd., Pranadamedia Group, cetakan I.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEGARA TELAH MERDEKA, PENDIDIKAN MASIH JAUH DARI KATA MERDEKA.

NEGARA TELAH MERDEKA, PENDIDIKAN MASIH JAUH DARI KATA MERDEKA. Ditinjau dari segi bahasa, pendidikan berasal dari kata Yunani yaitu pae...