Sabtu, 13 Mei 2017

MAKALAH : Jenis-Jenis Kosa Kata Bahasa Arab

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar belakang

Agama Islam adalah agama yang lahir di negeri arab. Melalui malaikat Jibril Allah SWT, menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. turunnya wahyu tersebut terjadilah adanya sumber utama dalam agama islam dan sekaligus mukjizat nabi muhammad SAW yang kekal sampai akhir zaman yaitu al-Qur’an al-Karim. Selain al-Qur’an agama islam juga mempunyai sumber lain sebagai rujukan, apabila didalam al-qur’an tidak dijelaskan secara lengkap, yaitu al-Hadits. Hadits adalah sabda nabi Muhammad SAW. AL-Qur’an dan hadits tidak bisa dipisahkan keduanya harus bersama-sama karena jika suatu masalah didalam al-qur’an tidak menjelaskan secara lengkap dan total, maka haditslah yang akan menjelasakannya.
Kedua sumber tersebut dalam segi bahasanya adalah menggunakan bahasa Arab, sangat pasti, karena agama islam sendiri lahir  di negeri arab. Oleh karena itu, itu kita sebagai umat islam dituntuk untuk bisa berbahasa arab. Sebagai pengantar agar kita semua bisa berbahasa arab, disini penulis akan menjekaskan dan menyebutkan beberapa jenis kosa kata bahasa arab.

B.    Rumusan masalah

1        Menyebutkan kosa kata bahasa arab tentang nama-nama hari dan bulan hijriyah.
2        Menyebutkan kosa kata bahasa arab tentang nama-nama anggota badan.
3        Menyebutkan kosa kata bahasa arab tentang angka bilangan.
4        Menyebutkan kosa kata bahasa arab tentang angka bilangan.
5        Dan benda-benda lain yang berada dalam kelas.

C.   Tujuan Pembahasan

1        Untukmengetahuikosa kata Bahasa Arab tentang nama-nama hari dan bulan hijriyah.
2        Untukmenyebutkankosa kata Bahasa Arabtentang angkabilangan
3        Untukmenyebutkankosa kata Bahasa Arabtentang angkabilangan
4        Untukmenyebutkankosa kata Bahasa Arab tentang angkabilangan
5        Untukmengetahuikosa kata Bahasa Arab tentangbenda-benda yang beradadalamkelas

BAB II
 PEMBAHASAN
A.   Pengertian Mufrodad

Kosakata (Inggris: vocabulary) adalah himpunankata atau khazanah kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut dan kemungkinan akan digunakannya untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya.
Menurut Horn, kosakata adalah sekumpulan kata yang membentuk sebuah bahasa. Peran kosakata dalam menguasai empat kemahiran berbahasa sangat diperlukan sebagaimana yang dinyatakan Vallet adalah bahwa kemampuan untuk memahami empat kemahiran berbahasa tersebut sangat bergantung pada penguasaan kosakata seseorang. Meskipun demikian pembelajaran bahasa tidak identik dengan hanya mempelajari kosakata. Dalam arti untuk memiliki kemahiran berbahasa tidak cukup hanya dengan menghafal sekian banyak kosakata.
Kosakata merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan membentuk bahasa. Kata adalah bagian terkecil dari bahasa yang sifatnya bebas. Pengertian ini membedakan antara kata dengan morfem. Morfem adalah satuan bahasa terkecil yang tidak bisa dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil yang maknanya relative stabil. Maka kata terdiri dari morfem-morfem, misalnya kata mu’allim ( معلم ) dalam bahasa Arab terdiri dari satu morfem. Sedangkan kata al-mu’allim (المعلم ) mempunyai dua morfem yaituال  dan معلم . Adapun kata yang mempunyai tiga morfem adalah kata yang terbentuk dari morfem-morfem yang mana masing-masing morfem mempunyai arti khusus. Misalnya kata al-mu’allimun ( المعلمون ) yang terdiri dari tiga morfem yaitu ال , معلم dan ون .
Dalam pembelajaran bahasa Arab ada beberapa masalah dalam pembelajaran kosakata yang disebut problematika kosakata (مشكلات صرفية). Hal itu terjadi karena dalam pembelajaran kosakata mencakup didalamnya tema-tema yang kompleks yaitu perubahan derivasi, perubahan infleksi, kata kerja, mufrad, tatsniyah, jama’, ta’nîts, tadzkîr dan makna leksikal dan fungsional. Tetapi dalam makalah ini, penulis tidak menjelaskan satu persatu dari tema-tema tersebut secara detail, hanya sekedar mengemukakan bahwa cakupan pembelajaran kosakata tidak sederhana tetapi cukup luas dan rumit.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kosakata merupakan kumpulan kata-kata yang membentuk bahasa yang diketahui seseorang dan kumpulan kata tersebut akan ia digunakan dalam menyusun kalimat atau berkomunikasi dengan masyarakat. Komunikasi seseorang yang dibangun dengan penggunaan kosakata yang tepat dan memadai menunjukkan gambaran intelejensia dan tingkat pendidikan si pemakai bahasa.

B.     Nama Hari dan Bulan dalam Bahasa Arab

a.       Nama-Nama Hari

Hari Ahad (يوم الأحد) = Yaumul Ahadi
Hari Senin (يوم الاِثنين) = Yaumul Itsnayni
Hari Selasa (يوم الثّلاثاء) = Yaumuts Tsulaatsaai
Hari Rabu (يوم الأربعاء) = Yaumul Arbi'aai
Hari Kamis (يوم الخميس) = Yaumul Khomiis
Hari Jum'at (يوم الجمعة) = Yaumul Jumu'ati
Hari Sabtu (يوم السّبت) = Yaumus Sabti

b.      Nama-Nama Bulan Masehi 

Januari (يناير) = Yanaayiru
Februari (فبراير) = Fibrooyiru
Maret (مارس) = Maarisun
April (أبريل) = Abriilu
Mei (مايو) = Maayuu
Juni (يونيو) = Yuuniyuu
Juli (يوليو) = Yuuliyuu
Agustus (أغسطس) = Aghusthusu
September (سبتمبر) = Sibtimbaru
Oktober (أكتوبر) = Uktuubaru
November (نوفمبر) = Nuufimbaru
Desember (ديسمبر) = Diisimbaru
Istilah Masehi dalam bahasa 'Arob adalah Al-Miilaadiyyatu (الميلاديّة). 

c.       Nama-Nama Bulan Hijriyyah

Muharrom (محرّم)
Shofar (صفر)
Robii'ul Awwal (ربيع الأوّل)
Robii'uts Tsaaniy (ربيع الثّاني)
Jumaadaal Uulaa (جمادى الأولى)
Jumaadaats Tsaaniyati (جمادى الثّانيّة)
Rojab (رجب)
Sya'baan (شعبان)
Romadhoon (رمضان)
Syawwaal (شوّال)
Dzuulqa'dah (ذو القعدة)
Dzuulhijjah (ذو الحجّة)


C.     Nama-nama anggota badan dalam bahasa Arab.
·         alis     الحاجب Al haajib
·         bahu     الكتف al katif
·         bahu     الكتف al katifu
·         bibir     الشفة as syafah
·         dada     الصدر ash shodr
·         Dada    الظهر adzh dhzohru
·         dagu     الذقن adz dzuqnu
·         darah   الدمّ ad dammu
·         Gigi     السنّ As sinnu
·         ginjal   الكلى al kuli
·         hidung الأنف al anfu
·         jantung القلب al qolbu
·         jari     الإصبع al ishba'u
·         jenggot     اللحية al lihyah
·         Jidat     الجبهة al jabhah
·         kaki     القدم al qodamu
·         kaki/ beti   الساق as saaqu
·         kepala الرأس ar ro'su
·         kepalan  القبضة al qobdoti
·         ketiak الإبط al ibtun
·         kuku الظفر adz dzufru
·         kulit   الجلد  al jildu
·         Kumis     الشارب as syaribu
·         kuping     الأذن al udzunun
·         lambunh     المعدة al maidah
·         leher     الرقبة ar roqobatu
·         lengan     الذراع adz dziroou
·         lidah اللسان al lisan
·         lutut     الركبة ar rukbah
·         mata     العين al ainun
·         mata    العيون al uyuunu
·         Muka     الوجه al wajhu
·         mulut     الفَمّ al famu
·         otak الدماغ ad dzimaghu
·         panggul     الورك al waroku
·         pantat المؤخرة al muakhorotu 
·         pergelangan kaki     الكاحل al kaahilu
·         pipi     الخدّ al khoddu
·         punggung الظهر adz dzohru
·         pusar     السرة as surrotu
·         rambut  الشَعر as sya'ru
·         rambut الشعر asy sya'ru
·         Siku     مِرْفَق al mirfaqu
·         tangan     اليَدّ  al yaddu
D.   Nama-nama angka bilangan dalam Bahasa Arab

·        Satu ( artinya ) : waahid1 : وَاحِدٌ
·        Dua ( artinya ) : itsnaan 2 : اِثْنَانِ :
·        Tiga ( artinya ) : tsalaatsah 3 : ثَلَاثَةٌ :
·        Empat ( artinya ) : arba’ah 4 : أَرْبَعَةٌ :
·        Lima ( artinya ) : khomsah 5 : خَمْسَةٌ :
·        Enam ( artinya ) : sittah 6 : سِتَّةٌ :
·        Tujuh ( artinya ) : sab’ah 7 : سَبْعَةٌ :
·        Delapan ( artinya ) : tsamaaniah 8 : ثَمَانِيَةٌ :
·        Sembilan ( artinya ) : tis’ah 9 : تِسْعَةٌ :
·        Sepuluh ( artinya ) : ‘asyaroh 10 : عَشَرَةٌ :
·        Sebelas ( artinya ) : ahada ‘asyar 11 : أَحَدَ عَشَرَ :
·        Dua belas ( artinya ) : itsnaa ‘asyar 12 : اِثْنَا عَشَرَ :
·        Tiga belas ( artinya ) : tsalaatsata ‘asyar 13 : ثَلَاثَةَ عَشَرَ :
·        Empat belas ( artinya ) : arba’ata ‘asyar 14 : أَرْبَعَةَ عَشَرَ :
·        Lima belas ( artinya ) : khomsata ‘asyar 15 : خَمْسَةَ عَشَرَ :
·        Enam belas ( artinya ) : sittata ‘asyar 16 : سِتَّةَ عَشَرَ :
·        Tujuh belas ( artinya ) : sab’ata ‘asyar17 : سَبْعَةَ عَشَرَ
·        Delapan belas ( artinya ) : tsamaaniata ‘asyar 18 : ثَمَانِيَةَ عَشَرَ :
·        Sembilan belas ( artinya ) : tis’ata asyar 19 : تِسْعَةَ عَشَرَ :
·        Dua puluh ( artinya ) : ‘isyruun 20 : عِشْرُوْنَ :







E.    Nama benda-benda lain dalam Bahasa Arab
No.
Indonesia
Arab
1.
Kursi
ﺍﻠﻜُﺮْﺴِﻲُّ
2.
Meja
ﻤَﻜْﺘَﺐُ
3.
Bendera
ﻠِﻭَﺍﺀُ
4.
Papan tulis
ﺴِﺒُّﻭْﺮَﺓٌ
5.
Spidol
ﻤِﻌْﻠَﻤَﺔٌ
6.
Kapur tulis
ﻂَﺒْﺸُﻭْﺮَﺓٌ
7.
Pancasila
ﺍﻠﻗَﻭَﺍﻋِﺪُﺍﻠْﺨَﻤْﺴَﺔٌ
8.
Foto
ﺼُﻭْﺮَﺓُﺸَﻤْﺴِﻴَّﺔٌ
9.
Penghapus
ﻂَﻼَّﺴَﺔٌ
10.
Sapu
ﻤِﻜْﻨَﺴَﺔٌ
11.
Pel
ﻤَﺴَﺢَ
12.
Sekop
ﻤِﺠْﺮَﻔَﺔٌ
13.
Stuktur organisasi
ﺘَﺮْﻜِﻴْﺐٌ
14.
Saklar
ﻤَﺸْﻌَﺪٌ
15.
Lampu
ﻤِﺻْﺒﺎَﺡٌ












F.     Cara PembelajaranMufrodad
 Dalam pembelajaran kosakata (al-mufradât) ada baiknya dimulai dengan kosakata dasar yang tidak mudah berubah, seperti halnya istilah kekerabatan, nama-nama bagian tubuh, kata ganti, kata kerja pokok serta beberapa kosakata lain yang mudah untuk dipelajari.
a.   Metode pengajaran mufradat
Dalam metode pembelajaran mufradat guru harus menyiapkan kosakata yang tepat bagi siswa-siswanya sehingga dengan mudah dapat dipahaminya, oleh karena itu guru harus berpegang pada prinsip-prinsip dan kriteria yang jelas.
Metode yang bisadigunakandalampembelajarannyaantara lain yaitumetodesecaralangsung, metodemenirudanmenghafal, metode Aural-Oral Approach, metodemembaca, metodeGramatika-Translation, metodepembelajarandenganmenggunakan media kartubergambardanalatperagasertapembelajarandenganlaguataumenyanyi Arab.


Dalam salahsatubukujugadijelaskantentanglangkah-langkahpenyampaiankosakata :
Menggunakan metode langsung yaitu seorang guru langsung menggunakan kosakata bahasa Arab sebagai pengantar, ketika ada salah satu anak didik yang tidak mengerti salah satu kosakata yang ada dalam percakapan guru tersebut maka, guru mengambil alat peraga sebagai gambaran.
Menggunakan metode alami. Di mana seorang guru membawa anak didiknya ke salah satu tempat di sana seorang guru mengenalkan benda-benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan bahasa Arab.
Menggunakan metode percakapan. Guru menyuruh kepada anak didiknya bercakap-cakap dengan kebiasaan sehari-harinya dengan menggunakan bahasa Arab. Ketikaadakesulitandalammenyampaikankosakata.Makaseorang guru membantunya.
 Denganmetodemembaca. Dalamhaliniseorang guru menyuruhkepadaanakdidiknyamembacasuatuteksdananakdidiknyamenanyakankosakata yang sulit
Denganmetodemendengarkan. Seorang guru menyuruhkepadaanakdidiknyauntukmendengarkanteks yang dibacaolehgurunyaatautemannyaketikaanakdidikmenemukankosakata yang sulitanakdidiktersebutmenanyakannya.
Metodemenulisseorang guru menyuruhkepadaanakdidiknyauntukmembuatsusunan kata ketikaanakdidik. Menemukankosakata yang sulitanakdidiktersebutmenanyakannya.

b.   Contoh-contohMetodePembelajaran Mufradat
1)   Pembelajaranmufrodatpadatingkatdasar
         Menggunakannyanyian/lagudalampembelajaranbahasa Arab dapatdibedakanantarabernyanyisambilbelajardanbelajarsambilbernyanyi.Penggunaanlagudalampembelajaranmufradatdapatmenghilangkankejenuhanbelajar, dandapatmemberikankesenangankepadapembelajar.Dapatmeningkatkanpenguasaanmufradatataumenambahpembendaharaanmufradat.
         Denganmenampilkanbendaatausampel yang ditunjukkanmakna kata, contoh: pensilataubuku.
         Mendengarkandanmenirukanbacaan, danmengulang-ulangbacaan.
b.   Pembelajaranmufrodatpadatingkatmenengah
         Menggunakanperagaantubuh.Contoh guru membukabukudalammenerangkan kata fathulkitab.
         Menuliskosakata, yang barudipelajarinya (dengar, ucap, paham, baca)
         Denganbermainperan.
         Menyebutkanantonim dansinonimnya.
         Menyebutkankelompokkatanya.
         Menyebutkan kata dasardan kata bentuknya.

BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan

Kosakata merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan membentuk bahasa.
Hari Ahad (يوم الأحد) = Yaumul Ahadi
Hari Senin (
يوم الاِثنين) = Yaumul Itsnayni
Hari Selasa (
يوم الثّلاثاء) = Yaumuts Tsulaatsaai
Hari Rabu (
يوم الأربعاء) = Yaumul Arbi'aai
Hari Kamis (
يوم الخميس) = Yaumul Khomiis
Hari Jum'at (
يوم الجمعة) = Yaumul Jumu'ati
Hari Sabtu (
يوم السّبت) = Yaumus Sabti
Muharrom (محرّم)
Shofar (
صفر)
Robii'ul Awwal (
ربيع الأوّل)
Robii'uts Tsaaniy (
ربيع الثّاني)
Jumaadaal Uulaa (
جمادى الأولى)
Jumaadaats Tsaaniyati (
جمادى الثّانيّة)
Rojab (
رجب)
Sya'baan (
شعبان)
Romadhoon (
رمضان)
Syawwaal (
شوّال)
Dzuulqa'dah (
ذو القعدة)
Dzuulhijjah (
ذو الحجّة)
Januari (يناير) = Yanaayiru
Februari (
فبراير) = Fibrooyiru
Maret (
مارس) = Maarisun
April (
أبريل) = Abriilu
Mei (
مايو) = Maayuu
Juni (
يونيو) = Yuuniyuu
Juli (
يوليو) = Yuuliyuu
Agustus (
أغسطس) = Aghusthusu
September (
سبتمبر) = Sibtimbaru
Oktober (
أكتوبر) = Uktuubaru
November (
نوفمبر) = Nuufimbaru
Desember (
ديسمبر) = Diisimbaru
Istilah Masehi dalam bahasa 'Arob adalah Al-Miilaadiyyatu (
الميلاديّة). 
alis     الحاجب Al haajib
bahu     الكتف al katif
bahu     الكتف al katifu
bibir     الشفة as syafah
dada     الصدر ash shodr
Dada    الظهر adzh dhzohru
dagu     الذقن adz dzuqnu
darah   الدمّ ad dammu
Gigi     السنّ As sinnu
ginjal   الكلى al kuli
hidung الأنف al anfu
jantung القلب al qolbu
jari     الإصبع al ishba'u
jenggot     اللحية al lihyah
adapun cara pembelajaran mufrodad sebagai berikut ;
                  Menuliskosakata, yang barudipelajarinya (dengar, ucap, paham, baca)
                  Denganbermainperan.
                  Menyebutkanantonim dansinonimnya.
                  Menyebutkankelompokkatanya.
                  Menyebutkan kata dasardan kata bentuknya.


B.    Kritikandan Saran

Alhamdulillah, atas selesainya mkalah ini Semoga  dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.  Namun tidak menutup kemungkinan, banyak persoalan seputar tema yang diangkat yang belum tuntas, sehingga perlu tinjauan kembali dari teman-teman, dan lebih khusus dosen pemandu untuk memberikan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan makalah ini .













Daftar Pustaka

Kamus Al-Munawwir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEGARA TELAH MERDEKA, PENDIDIKAN MASIH JAUH DARI KATA MERDEKA.

NEGARA TELAH MERDEKA, PENDIDIKAN MASIH JAUH DARI KATA MERDEKA. Ditinjau dari segi bahasa, pendidikan berasal dari kata Yunani yaitu pae...