BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Agama Islam adalah agama yang lahir
di negeri arab. Melalui malaikat Jibril Allah SWT, menurunkan wahyu kepada Nabi
Muhammad SAW. turunnya wahyu tersebut terjadilah adanya sumber utama dalam
agama islam dan sekaligus mukjizat nabi muhammad SAW yang kekal sampai akhir
zaman yaitu al-Qur’an al-Karim. Selain al-Qur’an agama islam juga mempunyai
sumber lain sebagai rujukan, apabila didalam al-qur’an tidak dijelaskan secara
lengkap, yaitu al-Hadits. Hadits adalah sabda nabi Muhammad SAW. AL-Qur’an dan
hadits tidak bisa dipisahkan keduanya harus bersama-sama karena jika suatu
masalah didalam al-qur’an tidak menjelaskan secara lengkap dan total, maka
haditslah yang akan menjelasakannya.
Kedua sumber tersebut dalam segi
bahasanya adalah menggunakan bahasa Arab, sangat pasti, karena agama islam
sendiri lahir di negeri arab. Oleh
karena itu, itu kita sebagai umat islam dituntuk untuk bisa berbahasa arab.
Sebagai pengantar agar kita semua bisa berbahasa arab, disini penulis akan menjekaskan
dan menyebutkan beberapa jenis kosa kata bahasa arab.
B.
Rumusan masalah
1
Menyebutkan
kosa kata bahasa arab tentang nama-nama hari dan bulan hijriyah.
2
Menyebutkan
kosa kata bahasa arab tentang nama-nama anggota badan.
3
Menyebutkan
kosa kata bahasa arab tentang angka bilangan.
4
Menyebutkan
kosa kata bahasa arab tentang angka bilangan.
5
Dan
benda-benda lain yang berada dalam kelas.
C.
Tujuan Pembahasan
1
Untukmengetahuikosa
kata Bahasa Arab tentang nama-nama hari dan bulan
hijriyah.
2
Untukmenyebutkankosa
kata Bahasa Arabtentang angkabilangan
3
Untukmenyebutkankosa
kata Bahasa Arabtentang angkabilangan
4
Untukmenyebutkankosa
kata Bahasa Arab tentang angkabilangan
5
Untukmengetahuikosa
kata Bahasa Arab tentangbenda-benda yang beradadalamkelas
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Mufrodad
Kosakata (Inggris: vocabulary)
adalah himpunankata atau khazanah
kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian
dari suatu bahasa tertentu.
Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang
dimengerti oleh orang tersebut dan kemungkinan akan digunakannya untuk menyusun kalimat baru.
Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat
pendidikannya.
Menurut Horn,
kosakata adalah sekumpulan kata yang membentuk sebuah bahasa. Peran kosakata
dalam menguasai empat kemahiran berbahasa sangat diperlukan sebagaimana yang
dinyatakan Vallet adalah bahwa kemampuan untuk memahami empat kemahiran
berbahasa tersebut sangat bergantung pada penguasaan kosakata seseorang. Meskipun
demikian pembelajaran bahasa tidak identik dengan hanya mempelajari kosakata.
Dalam arti untuk memiliki kemahiran berbahasa tidak cukup hanya dengan
menghafal sekian banyak kosakata.
Kosakata
merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan membentuk bahasa. Kata adalah
bagian terkecil dari bahasa yang sifatnya bebas. Pengertian ini membedakan
antara kata dengan morfem. Morfem adalah satuan bahasa terkecil yang tidak bisa
dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil yang maknanya relative stabil.
Maka kata terdiri dari morfem-morfem, misalnya kata mu’allim ( معلم ) dalam bahasa Arab terdiri dari satu morfem. Sedangkan kata al-mu’allim
(المعلم )
mempunyai dua morfem yaituال dan معلم . Adapun kata yang mempunyai tiga morfem adalah kata yang
terbentuk dari morfem-morfem yang mana masing-masing morfem mempunyai arti
khusus. Misalnya kata al-mu’allimun ( المعلمون ) yang terdiri dari tiga morfem yaitu ال , معلم dan ون .
Dalam
pembelajaran bahasa Arab ada beberapa masalah dalam pembelajaran kosakata yang
disebut problematika kosakata (مشكلات صرفية). Hal itu terjadi karena dalam pembelajaran kosakata mencakup
didalamnya tema-tema yang kompleks yaitu perubahan derivasi, perubahan
infleksi, kata kerja, mufrad, tatsniyah, jama’, ta’nîts,
tadzkîr dan makna leksikal dan fungsional. Tetapi dalam makalah ini,
penulis tidak menjelaskan satu persatu dari tema-tema tersebut secara detail,
hanya sekedar mengemukakan bahwa cakupan pembelajaran kosakata tidak sederhana
tetapi cukup luas dan rumit.
Dari uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa kosakata merupakan kumpulan kata-kata yang
membentuk bahasa yang diketahui seseorang dan kumpulan kata tersebut akan ia
digunakan dalam menyusun kalimat atau berkomunikasi dengan masyarakat.
Komunikasi seseorang yang dibangun dengan penggunaan kosakata yang tepat dan
memadai menunjukkan gambaran intelejensia dan tingkat pendidikan si pemakai
bahasa.
B.
Nama Hari dan Bulan dalam Bahasa Arab
a.
Nama-Nama
Hari
Hari Ahad (يوم الأحد) = Yaumul Ahadi
Hari Senin (يوم الاِثنين) = Yaumul Itsnayni
Hari Selasa (يوم الثّلاثاء) = Yaumuts Tsulaatsaai
Hari Rabu (يوم الأربعاء) = Yaumul Arbi'aai
Hari Kamis (يوم الخميس) = Yaumul Khomiis
Hari Jum'at (يوم الجمعة) = Yaumul Jumu'ati
Hari Sabtu (يوم السّبت) = Yaumus Sabti
Hari Ahad (يوم الأحد) = Yaumul Ahadi
Hari Senin (يوم الاِثنين) = Yaumul Itsnayni
Hari Selasa (يوم الثّلاثاء) = Yaumuts Tsulaatsaai
Hari Rabu (يوم الأربعاء) = Yaumul Arbi'aai
Hari Kamis (يوم الخميس) = Yaumul Khomiis
Hari Jum'at (يوم الجمعة) = Yaumul Jumu'ati
Hari Sabtu (يوم السّبت) = Yaumus Sabti
b.
Nama-Nama Bulan Masehi
Januari (يناير) = Yanaayiru
Februari (فبراير) = Fibrooyiru
Maret (مارس) = Maarisun
April (أبريل) = Abriilu
Mei (مايو) = Maayuu
Juni (يونيو) = Yuuniyuu
Juli (يوليو) = Yuuliyuu
Agustus (أغسطس) = Aghusthusu
September (سبتمبر) = Sibtimbaru
Oktober (أكتوبر) = Uktuubaru
November (نوفمبر) = Nuufimbaru
Desember (ديسمبر) = Diisimbaru
Istilah Masehi dalam bahasa 'Arob adalah Al-Miilaadiyyatu (الميلاديّة).
Januari (يناير) = Yanaayiru
Februari (فبراير) = Fibrooyiru
Maret (مارس) = Maarisun
April (أبريل) = Abriilu
Mei (مايو) = Maayuu
Juni (يونيو) = Yuuniyuu
Juli (يوليو) = Yuuliyuu
Agustus (أغسطس) = Aghusthusu
September (سبتمبر) = Sibtimbaru
Oktober (أكتوبر) = Uktuubaru
November (نوفمبر) = Nuufimbaru
Desember (ديسمبر) = Diisimbaru
Istilah Masehi dalam bahasa 'Arob adalah Al-Miilaadiyyatu (الميلاديّة).
c.
Nama-Nama
Bulan Hijriyyah
Muharrom (محرّم)
Shofar (صفر)
Robii'ul Awwal (ربيع الأوّل)
Robii'uts Tsaaniy (ربيع الثّاني)
Jumaadaal Uulaa (جمادى الأولى)
Jumaadaats Tsaaniyati (جمادى الثّانيّة)
Rojab (رجب)
Sya'baan (شعبان)
Romadhoon (رمضان)
Syawwaal (شوّال)
Dzuulqa'dah (ذو القعدة)
Dzuulhijjah (ذو الحجّة)
Muharrom (محرّم)
Shofar (صفر)
Robii'ul Awwal (ربيع الأوّل)
Robii'uts Tsaaniy (ربيع الثّاني)
Jumaadaal Uulaa (جمادى الأولى)
Jumaadaats Tsaaniyati (جمادى الثّانيّة)
Rojab (رجب)
Sya'baan (شعبان)
Romadhoon (رمضان)
Syawwaal (شوّال)
Dzuulqa'dah (ذو القعدة)
Dzuulhijjah (ذو الحجّة)
C.
Nama-nama anggota badan dalam bahasa Arab.
·
alis الحاجب Al
haajib
·
bahu الكتف al
katif
·
bahu
الكتف al katifu
·
bibir الشفة as
syafah
·
dada الصدر ash
shodr
·
Dada
الظهر adzh dhzohru
·
dagu الذقن adz
dzuqnu
·
darah
الدمّ ad dammu
·
Gigi السنّ As
sinnu
·
ginjal
الكلى al kuli
·
hidung الأنف al anfu
·
jantung
القلب al qolbu
·
jari الإصبع al
ishba'u
·
jenggot اللحية al
lihyah
·
Jidat الجبهة al
jabhah
·
kaki القدم al
qodamu
·
kaki/
beti الساق as saaqu
·
kepala
الرأس ar ro'su
·
kepalan القبضة al qobdoti
·
ketiak
الإبط al ibtun
·
kuku
الظفر adz dzufru
·
kulit الجلد al
jildu
·
Kumis الشارب as
syaribu
·
kuping الأذن al
udzunun
·
lambunh المعدة al
maidah
·
leher الرقبة ar
roqobatu
·
lengan الذراع adz
dziroou
·
lidah
اللسان al lisan
·
lutut الركبة ar
rukbah
·
mata العين al
ainun
·
mata العيون al
uyuunu
·
Muka الوجه al
wajhu
·
mulut الفَمّ al
famu
·
otak
الدماغ ad dzimaghu
·
panggul الورك al
waroku
·
pantat
المؤخرة al muakhorotu
·
pergelangan
kaki الكاحل al kaahilu
·
pipi الخدّ al
khoddu
·
punggung
الظهر adz dzohru
·
pusar السرة as
surrotu
·
rambut الشَعر as
sya'ru
·
rambut
الشعر asy sya'ru
·
Siku مِرْفَق
al mirfaqu
·
tangan اليَدّ al yaddu
D.
Nama-nama angka bilangan dalam Bahasa Arab
·
Satu
( artinya ) : waahid1 : وَاحِدٌ :
·
Dua
( artinya ) : itsnaan 2 : اِثْنَانِ :
·
Tiga
( artinya ) : tsalaatsah 3 : ثَلَاثَةٌ :
·
Empat
( artinya ) : arba’ah 4 : أَرْبَعَةٌ :
·
Lima
( artinya ) : khomsah 5 : خَمْسَةٌ :
·
Enam
( artinya ) : sittah 6 : سِتَّةٌ :
·
Tujuh
( artinya ) : sab’ah 7 : سَبْعَةٌ :
·
Delapan
( artinya ) : tsamaaniah 8 : ثَمَانِيَةٌ :
·
Sembilan
( artinya ) : tis’ah 9 : تِسْعَةٌ :
·
Sepuluh
( artinya ) : ‘asyaroh 10 : عَشَرَةٌ :
·
Sebelas
( artinya ) : ahada ‘asyar 11 : أَحَدَ عَشَرَ :
·
Dua
belas ( artinya ) : itsnaa ‘asyar 12 : اِثْنَا عَشَرَ :
·
Tiga
belas ( artinya ) : tsalaatsata ‘asyar 13 : ثَلَاثَةَ
عَشَرَ :
·
Empat
belas ( artinya ) : arba’ata ‘asyar 14 : أَرْبَعَةَ
عَشَرَ :
·
Lima
belas ( artinya ) : khomsata ‘asyar 15 : خَمْسَةَ
عَشَرَ :
·
Enam
belas ( artinya ) : sittata ‘asyar 16 : سِتَّةَ عَشَرَ
:
·
Tujuh
belas ( artinya ) : sab’ata ‘asyar17 : سَبْعَةَ عَشَرَ
:
·
Delapan
belas ( artinya ) : tsamaaniata ‘asyar 18 : ثَمَانِيَةَ
عَشَرَ :
·
Sembilan
belas ( artinya ) : tis’ata asyar 19 : تِسْعَةَ عَشَرَ
:
·
Dua
puluh ( artinya ) : ‘isyruun 20 : عِشْرُوْنَ :
E.
Nama benda-benda lain dalam Bahasa Arab
No.
|
Indonesia
|
Arab
|
1.
|
Kursi
|
ﺍﻠﻜُﺮْﺴِﻲُّ
|
2.
|
Meja
|
ﻤَﻜْﺘَﺐُ
|
3.
|
Bendera
|
ﻠِﻭَﺍﺀُ
|
4.
|
Papan tulis
|
ﺴِﺒُّﻭْﺮَﺓٌ
|
5.
|
Spidol
|
ﻤِﻌْﻠَﻤَﺔٌ
|
6.
|
Kapur tulis
|
ﻂَﺒْﺸُﻭْﺮَﺓٌ
|
7.
|
Pancasila
|
ﺍﻠﻗَﻭَﺍﻋِﺪُﺍﻠْﺨَﻤْﺴَﺔٌ
|
8.
|
Foto
|
ﺼُﻭْﺮَﺓُﺸَﻤْﺴِﻴَّﺔٌ
|
9.
|
Penghapus
|
ﻂَﻼَّﺴَﺔٌ
|
10.
|
Sapu
|
ﻤِﻜْﻨَﺴَﺔٌ
|
11.
|
Pel
|
ﻤَﺴَﺢَ
|
12.
|
Sekop
|
ﻤِﺠْﺮَﻔَﺔٌ
|
13.
|
Stuktur organisasi
|
ﺘَﺮْﻜِﻴْﺐٌ
|
14.
|
Saklar
|
ﻤَﺸْﻌَﺪٌ
|
15.
|
Lampu
|
ﻤِﺻْﺒﺎَﺡٌ
|
F.
Cara PembelajaranMufrodad
Dalam
pembelajaran kosakata (al-mufradât) ada baiknya dimulai dengan kosakata
dasar yang tidak mudah berubah, seperti halnya istilah kekerabatan, nama-nama
bagian tubuh, kata ganti, kata kerja pokok serta beberapa kosakata lain yang
mudah untuk dipelajari.
a. Metode pengajaran mufradat
Dalam metode pembelajaran mufradat guru harus
menyiapkan kosakata yang tepat bagi siswa-siswanya sehingga dengan mudah dapat
dipahaminya, oleh karena itu guru harus berpegang pada prinsip-prinsip dan
kriteria yang jelas.
Metode yang bisadigunakandalampembelajarannyaantara
lain yaitumetodesecaralangsung, metodemenirudanmenghafal, metode Aural-Oral
Approach, metodemembaca, metodeGramatika-Translation,
metodepembelajarandenganmenggunakan media
kartubergambardanalatperagasertapembelajarandenganlaguataumenyanyi Arab.
Dalam salahsatubukujugadijelaskantentanglangkah-langkahpenyampaiankosakata
:
Menggunakan metode langsung yaitu seorang guru
langsung menggunakan kosakata bahasa Arab sebagai pengantar, ketika ada salah
satu anak didik yang tidak mengerti salah satu kosakata yang ada dalam
percakapan guru tersebut maka, guru mengambil alat peraga sebagai gambaran.
Menggunakan metode alami. Di mana seorang guru
membawa anak didiknya ke salah satu tempat di sana seorang guru mengenalkan
benda-benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan bahasa Arab.
Menggunakan metode percakapan. Guru menyuruh
kepada anak didiknya bercakap-cakap dengan kebiasaan sehari-harinya dengan
menggunakan bahasa
Arab. Ketikaadakesulitandalammenyampaikankosakata.Makaseorang guru
membantunya.
Denganmetodemembaca. Dalamhaliniseorang
guru menyuruhkepadaanakdidiknyamembacasuatuteksdananakdidiknyamenanyakankosakata
yang sulit
Denganmetodemendengarkan. Seorang guru
menyuruhkepadaanakdidiknyauntukmendengarkanteks yang
dibacaolehgurunyaatautemannyaketikaanakdidikmenemukankosakata yang
sulitanakdidiktersebutmenanyakannya.
Metodemenulisseorang guru
menyuruhkepadaanakdidiknyauntukmembuatsusunan kata ketikaanakdidik. Menemukankosakata
yang sulitanakdidiktersebutmenanyakannya.
b. Contoh-contohMetodePembelajaran Mufradat
1) Pembelajaranmufrodatpadatingkatdasar
Menggunakannyanyian/lagudalampembelajaranbahasa
Arab
dapatdibedakanantarabernyanyisambilbelajardanbelajarsambilbernyanyi.Penggunaanlagudalampembelajaranmufradatdapatmenghilangkankejenuhanbelajar,
dandapatmemberikankesenangankepadapembelajar.Dapatmeningkatkanpenguasaanmufradatataumenambahpembendaharaanmufradat.
Denganmenampilkanbendaatausampel
yang ditunjukkanmakna kata, contoh: pensilataubuku.
Mendengarkandanmenirukanbacaan,
danmengulang-ulangbacaan.
b. Pembelajaranmufrodatpadatingkatmenengah
Menggunakanperagaantubuh.Contoh
guru membukabukudalammenerangkan kata fathulkitab.
Menuliskosakata,
yang barudipelajarinya (dengar, ucap, paham, baca)
Denganbermainperan.
Menyebutkanantonim
dansinonimnya.
Menyebutkankelompokkatanya.
Menyebutkan
kata dasardan kata bentuknya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kosakata merupakan kumpulan kata-kata tertentu
yang akan membentuk bahasa.
Hari Ahad (يوم الأحد) = Yaumul Ahadi
Hari Senin (يوم الاِثنين) = Yaumul Itsnayni
Hari Selasa (يوم الثّلاثاء) = Yaumuts Tsulaatsaai
Hari Rabu (يوم الأربعاء) = Yaumul Arbi'aai
Hari Kamis (يوم الخميس) = Yaumul Khomiis
Hari Jum'at (يوم الجمعة) = Yaumul Jumu'ati
Hari Sabtu (يوم السّبت) = Yaumus Sabti
Hari Senin (يوم الاِثنين) = Yaumul Itsnayni
Hari Selasa (يوم الثّلاثاء) = Yaumuts Tsulaatsaai
Hari Rabu (يوم الأربعاء) = Yaumul Arbi'aai
Hari Kamis (يوم الخميس) = Yaumul Khomiis
Hari Jum'at (يوم الجمعة) = Yaumul Jumu'ati
Hari Sabtu (يوم السّبت) = Yaumus Sabti
Muharrom (محرّم)
Shofar (صفر)
Robii'ul Awwal (ربيع الأوّل)
Robii'uts Tsaaniy (ربيع الثّاني)
Jumaadaal Uulaa (جمادى الأولى)
Jumaadaats Tsaaniyati (جمادى الثّانيّة)
Rojab (رجب)
Sya'baan (شعبان)
Romadhoon (رمضان)
Syawwaal (شوّال)
Dzuulqa'dah (ذو القعدة)
Dzuulhijjah (ذو الحجّة)
Shofar (صفر)
Robii'ul Awwal (ربيع الأوّل)
Robii'uts Tsaaniy (ربيع الثّاني)
Jumaadaal Uulaa (جمادى الأولى)
Jumaadaats Tsaaniyati (جمادى الثّانيّة)
Rojab (رجب)
Sya'baan (شعبان)
Romadhoon (رمضان)
Syawwaal (شوّال)
Dzuulqa'dah (ذو القعدة)
Dzuulhijjah (ذو الحجّة)
Januari (يناير) = Yanaayiru
Februari (فبراير) = Fibrooyiru
Maret (مارس) = Maarisun
April (أبريل) = Abriilu
Mei (مايو) = Maayuu
Juni (يونيو) = Yuuniyuu
Juli (يوليو) = Yuuliyuu
Agustus (أغسطس) = Aghusthusu
September (سبتمبر) = Sibtimbaru
Oktober (أكتوبر) = Uktuubaru
November (نوفمبر) = Nuufimbaru
Desember (ديسمبر) = Diisimbaru
Istilah Masehi dalam bahasa 'Arob adalah Al-Miilaadiyyatu (الميلاديّة).
Februari (فبراير) = Fibrooyiru
Maret (مارس) = Maarisun
April (أبريل) = Abriilu
Mei (مايو) = Maayuu
Juni (يونيو) = Yuuniyuu
Juli (يوليو) = Yuuliyuu
Agustus (أغسطس) = Aghusthusu
September (سبتمبر) = Sibtimbaru
Oktober (أكتوبر) = Uktuubaru
November (نوفمبر) = Nuufimbaru
Desember (ديسمبر) = Diisimbaru
Istilah Masehi dalam bahasa 'Arob adalah Al-Miilaadiyyatu (الميلاديّة).
alis الحاجب Al haajib
bahu الكتف al katif
bahu
الكتف al
katifu
bibir الشفة as syafah
dada الصدر ash shodr
Dada
الظهر adzh
dhzohru
dagu الذقن adz dzuqnu
darah
الدمّ
ad dammu
Gigi السنّ As sinnu
ginjal
الكلى
al kuli
hidung الأنف
al anfu
jantung
القلب
al qolbu
jari الإصبع al ishba'u
jenggot اللحية al lihyah
adapun
cara pembelajaran mufrodad sebagai berikut ;
Menuliskosakata,
yang barudipelajarinya (dengar, ucap, paham, baca)
Denganbermainperan.
Menyebutkanantonim dansinonimnya.
Menyebutkankelompokkatanya.
Menyebutkan kata dasardan kata bentuknya.
B.
Kritikandan Saran
Alhamdulillah, atas selesainya mkalah ini Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. Namun tidak menutup kemungkinan, banyak
persoalan seputar tema yang diangkat yang belum tuntas, sehingga perlu tinjauan
kembali dari teman-teman, dan lebih khusus dosen pemandu untuk memberikan
kritik dan saran yang membangun demi perbaikan makalah ini .
Daftar Pustaka
Kamus Al-Munawwir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar